Pengertian Kenari YS, F1, F2, F3, F4, F5, AF, AFs, Lokal, Loper dan Impor

Dengan semakin bertambahnya peminat burung Kenari, membuat pengelola budidaya burung keren ini terus berusaha semaksimal mungkin untuk mencetak Kenari bakalan yang berkualitas tinggi, baik itu dari segi postur tubuh maupun suara ngerol-nya. Salah satu cara yang banyak dilakukan oleh peternak Kenari yang bertujuan supaya bisa menghasilkan burung-burung berkualitas terbaik adalah dengan menyilangkan antara dua jenis Kenari yang berbeda, sehingga tercipta keturunan baru yang diharapkan memiliki genetika sama atau bahkan lebih baik dari sang indukan. Dari beberapa persilangan kenari yang banyak dipilih untuk dijadikan sebagai indukan ialah jenis Kenari Yorkshire yang dipadukan dengan kenari lokal.

Perbedaan Kenari YS, F1, F2, F3, F4, F5, AFs, AF, Impor, Loper dan Lokal

Kenari Yorkshire (plenoz – kaskus.co.id)

Alasan utama pem-budidaya untuk memilih Yorkshire sebagai indukan karena jenis ini memiliki postur tubuh yang tegas, walaupun suara kicaunya dinilai kurang bagus dibanding kenari tipe suara. Disisi lain indukan dari Kenari lokal mempunyai sebuah faktor keunggulan yang tidak dimiliki oleh jenis Yorkshire, yakni suara gacorannya yang bagus, akan tetapi bodinya tak setegas Yorkshire. Perkawinan silang kenari tidak hanya bisa dilakukan pada induk jenis yorkshire dengan lokal saja. Adapun persilangan lain yang bisa dilakukan pada kenari dan hasilnya pun juga terbilang memuaskan, misalnya indukan yorkshire dengan F1 yang kemudian menghasilkan kenari F2.

Sehubungan dengan persilangan antar burung Yorkshire dengan burung lokal, munculah berbagai keturunan baru yang banyak disebut dengan istilah Kenari YS F1, F1 F2, F3, F4, F5, AF, AFs, Loper dan sebagainya. Akan tetapi perlu kita ingat bahwa anakan hasil persilangan dari kenari YS dengan lokal ini hanyalah istilah persilangan saja, bukan merupakan jenis Kenari. Bagi anda yang masih belum tahu arti dari pengertian kenari lokal, impor, YS, dan istilah-istilah tadi, mari kita simak cuplikan singkat yang telah saya rangkum dan disajikan melalui list dibawah ini.

  • Kenari YS : Singkatan dari YorkShire, yaitu kenari impor yang berasal dari Inggris yang menjadi indukan pertama.
  • Kenari Lokal : Kenari yang telah lama dikembangbiakkan di Indonesia.
  • Kenari F1 : Anakan hasil antara Yorkshire dengan lokal.
  • Kenari F2 : Anakan hasil antara Yorkshire dengan F1.
  • Kenari F3 : Anakan hasil antara Yorkshire dengan F2.
  • Kenari F4 : Anakan hasil antara Yorkshire dengan F3.
  • Kenari F5 : Anakan hasil antara Yorkshire dengan F4.
  • Kenari AF : Anakan hasil antara F1 dengan Lokal.
  • Kenari AFs (Super) : Persilangan antara F1 dengan F1.
  • Kenari Loper : Merupakan singkatan dari lokal super yang dihasilkan dari persilangan antara AF dengan Lokal.
  • Kenari Impor : Kenari yang berasal dari luar negeri, seperti Yorkshire, Norwegia, Norwich dan sebagainya.

Apakah Anda tahu kenapa keturunan Kenari diistilahkan dengan huruf F? Mulanya huruf F ini di kalangan penghobi kenari memiliki pengertian Filial atau keturunan. Jadi apabila dikatakan dengan kenari F5, maka istilah tersebut merupakan keturunan dari persilangan F4 dan YS, begitu juga dengan F4 yang merupakan persilangan dari indukan YS dengan F3. Bila persilangan F6 keatas, maka akan disebut dengan fixed strain atau final strain.

Untuk kenari sendiri yang sering dicari dan dijadikan sebagai kontestan gantangan adalah keturunan dari persilangan kenari jenis Yorkshire dan lokal, atau yang lebih dikenal dengan sebutan F1. Selain bodi tubuh yang besar dan tegas, kenari F1 juga memiliki keunggulan suara gacoran bervolume tinggi (Baca: Suara Kenari). Sayangnya harga kenari bakalan persilangan tersebut masih terbilang mahal ketimbang hasil persilangan lainnya.