Aneka Jenis Makanan Lovebird Biar Rajin Ngekek Panjang

Makanan Lovebird – Burung yang berciri khas gacor ngekek ini memang mulai banyak digemari oleh para kicau mania. Selain perawakannya yang indah nan menawan sehingga cocok untuk dijadikan burung hias, pengicau paruh bengkok ini ternyata juga memiliki ocehan yang cukup menjanjikan. Kalau dulunya hanya marak dijadikan sebagai burung hias saja, mengingat kicauannya yang mumpuni tak heran jika saat ini ia sudah banyak dilombakan. Suara lovebird yang mampu berdurasi panjang menjadikan penentu penilaian juri saat ajang kompetisi berlangsung. Dengan kata lain, semakin panjang suara ngekeknya, maka makin besar pula peluang tercapainya sebuah prestasi.

Makanan Lovebird Biar Rajin Ngekek

Makanan Lovebird Biar Ngekek (olx.co.id)

Namun untuk memperoleh burung yang mampu ngekek berdurasi panjang, tentu bukanlah perkara yang instan. Pasalnya selain pola perawatan lovebird, pakan / makanan lovebird yang diberikan setiap harinya juga sangat menentukan potensi burung untuk kedepannya. Kalau misalnya makanan serta setelan harian sudah diberikan dengan baik dan sesuai dengan karakter burung itu sendiri, niscaya hasil yang memuaskan akan lekas didapatkan. Akan tetapi kalau beberapa hal tersebut kurang diperhatikan, maka tidak menutup kemungkinan bahwa nantinya penampilan burung akan cenderung jadi biasa-biasa saja.

Sehubungan degan perawatan, setelan dasar yang banyak diterapkan oleh para pencetak lovebird juara sebenarnya tidaklah berbeda jauh dengan rawatan harian yang diberikan kicau mania pada umumnya. Semisal dengan rutin memandikan, menjemur, selalu membersihkan sangkar dan setelan tambahan lainnya seperti pemasteran. Sedangkan untuk makanan lovebird yang umum diberikan, sesungguhnya juga tidak terlalu rumit. Bisa begitu sebab pada dasarnya makanan yang paling sering disajikan oleh para penghobi burung dari genus Agapornis ini, hampir keseluruhan adalah jenis pakan yang tergolong alami dan bukan racikan.

Canary Seed atau Biji Kenari

Selain kenari, blackthroat, finch, parkit dan burung-burung pemakan bijian lainnya, tenyata lovebird juga cukup gemar menyantap canary seed. Di dalam biji kenari terdapat kandungan nutrisi yang sangat diperlukan bagi sistem pertumbuhan burung. Hampir sama halnya dengan milet, canary seed juga mengandung protein, hidrat arang dan lemak. Selain dapat menyegarkan tubuh, beberapa jenis nutrisi tersebut juga kerap dianggap bahwa mampu menambah stamina, membenahi suara yang awalnya serak, atau bahkan merangsang gacoran burung yang tadinya enggan untuk buka paruh.

Namun ada hal yang perlu diketahui sebelum memberikan pakan lovebird yang berupa biji kenari ini. Dari sekian anggapan, banyak yang mengklaim bahwa bijian yang baik dikonsumsi adalah yang sudah tua, berwarna kuning mengkilap, tidak berbau, bersih dan kering. Sedangkan untuk canary seed yang warnanya putih dan lunak saat ditekan adalah bijian yang masih muda dan kurang bagus untuk diberikan. Disamping itu, karena canary seed juga mengandung lemak, untuk menghindari obesitas atau kegemukan, maka sebaiknya tidak diberikan dengan berlebihan atau bisa dicampur dengan milet.

Jagung manis

Makanan loverbird biar ngekek yang berupa jagung manis ini, di dalamnya terkandung aneka macam nutrisi yang bagus untuk menjaga kesehatan bagian mata burung. Vitamin B dan C, beta karoten, folat dan crypthoxanthin adalah jenis-jenis nutrisi yang terdapat pada jagung manis. Beberapa jenis nutrisi tersebut, selain dipercaya bisa menjaga kesehatan mata, ternyata juga banyak diklaim bahwa mampu memperkuat otot dan kekebalan tubuh burung loverbird. Jagung yang bagus untuk diberikan adalah yang masih muda. Dibandingkan dengan yang sudah tua, jagung muda mempunyai tekstur lebih lunak sehingga mudah untuk dikonsumsi.

Biji oat atau haver (Avena sativa)

Memberikan oat banyak dipercaya bahwa mampu menenangkan serta mempercepat proses burung yang sedang mabung, memperbaiki struktur jaringan bulu agar tampak lebih indah, meningkatkan ketenangan sehingga burung tidak mudah drop dan stres, memperbaiki struktur jaringan kulit supaya tidak rentan iritasi, membenahi sistem kerja organ tubuh burung khususnya pencernaan, memperkecil kemungkinan serangan kolesterol jahat sehingga peredaran darah dan jantung jadi lebih lancar.

Biji oat sangat bagus diberikan kepada burung yang baru sembuh dari sakit dan mampu meningkatkan kegemukan terhadap burung yang mempunyai tubuh kurus. Disamping itu, karena pakan lovebird yang berupa bijian ini mengandung protein, kalori dan karbohidrat, maka amat cocok jika diberikan kepada indukan burung yang tengah meloloh atau menyuapi anakannya. Apabila piyikan loverbird sering menerima suapan biji oat dari indukannya, kemungkinan besar pertumbuhannya akan jauh lebih cepat.

Kecambah atau Toge

Kecambah memiliki kandungan nutrisi yang cukup beragam dan sangat diperlukan bagi sistem pertumbuhan burung, baik itu pada segi kesehatan maupun pengembangan kemampuan berkicaunya. Protein, karbohidrat, lemak, energi, kalsium, zat besi, serat, fosfor, vitamin A, B dan C adalah gizi-gizi yang ada pada kecambah. Beberapa zat gizi tersebut banyak dipercaya bahwa dapat meningkatkan stamina burung sehingga lebih aktif berkicau degan suara yang lebih lantang.

Apel merah

Apel merah juga tergolong sebagai makanan lovebird ngekek yang mampu meningkatkan stamina, selain kecambah atau toge. Jika dibandingkan dengan jenis apel lain misalnya apel hijau, apel merah terbilang lebih manis dan memiliki kandungan nutrisi yang lebih lengkap. Namun sebelum memberikan apel, ada hal yang harus lebih dicermati.

Apel yang dijual di pasaran kebanyakan mengandung zat-zat berbahaya seperti pestisida. Supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, maka sebaiknya apel dibersihkan dengan cara dicuci terlebih dahulu. Disamping itu, agar burung lebih mudah saat mengkonsumsi-nya, ada baiknya jika apel dipotong kecil-kecil sebelum diberikan.

Sayur Kangkung

Sayur kangkung sangat baik diberikan kepada burung yang belum birahi. Rutin memberikan kangkung banyak dipercaya mampu meningkatkan tingkat birahi terhadap burung yang belum birahi. Kalau burung sudah birahi pada umumnya ia akan lebih rajin gacor. Karena kerap dibilang bisa meningkatkan birahi, tak heran jika kangkung banyak diberikan pada burung yang akan dilombakan dan yang sedang dibudidaya dalam penangkaran.

Namun perlu diketahui, adapun bagian yang baik untuk diberikan kepada burung adalah pada bagian daun kangkung. Bisa demikian, pasalnya daun kangkung memang memiliki kandungan air yang cenderung lebih sedikit jika dibandingkan dengan batangnya. Karena batang mempunyai kandungan air yang lebih banyak, maka tidak menutup kemungkinan kalau akan membuatnya jadi lebih mudah membusuk.

Source:

cara bikin lb rajin ngekek, makanan love, makanan lovebird biar cepat ngekek