Pakan / Makanan Kenari Biar Cepat dan Rajin Gacor Ngerol

Pakan / Makanan Kenari – Dalam merawat aneka macam jenis burung berkicau, waktu yang paling dinanti oleh setiap pemiliknya adalah ketika ia bisa lekas gacor suara yang lantang dan bervariasi. Pernyataan serupa juga tak jarang diidamkan oleh para kicau mania selaku pemelihara burung bernama latin / ilmiah Serinus canaria ini. Namun untuk memperoleh burung yang berkemampuan mumpuni khususnya pada segi suaranya, tentu bukanlah perkara yang gampang. Bisa dibilang begitu, sebab selain pola setelan perawatan kenari, pakan kenari yang diberikan juga sangat menentukan potensi burung untuk kedepannya.

Makanan Kenari Biar Cepat dan Rajin Gacor Ngerol

Makanan Kenari Biar Cepat dan Rajin Gacor (olx.co.id)

Kalau rawatan kenari harian sudah diterapkan dengan baik, benar, rutin, teratur, konsisten, dan sesuai dengan karakter burung, niscaya ia akan lekas gacor dengan suara yang lebih menjanjikan. Namun supaya hasilnya lebih maksimal, alangkah baiknya jika didukung dengan makanan kenari gacor. Mengingat masalah perawatan, setelan harian yang banyak diterapkan oleh para pencetak kenari jawara, sesungguhnya tidak berbeda jauh dengan rawatan yang kerap diberikan kicau mania pada umumnya. Semisal dengan rutin memandikan, menjemur, menjaga kebersihan sangkar, dan polesan tambahan berupa pemasteran.

Terlepas dari perawatan, untuk pakan kenari supaya rajin gacor, sebenarnya juga tidak terlalu sulit untuk dicari. Pasalnya makanan kenari pada dasarnya bisa kita cari dan berikan dengan mudah. Bisa dikatakan begitu, sebab jenis-jenis makanan kenari paling utama ialah berupa milet atau canary seed, sayuran segar, dan buah-buahan. Sedangkan untuk asupan tambahan berprotein tinggi, yang mana dapat diberikan kepada pengicau yang dikelompokkan pada suku Fringillidae ini, antara lain telur puyuh, ulat hongkong, dan biskuit atau bubur bayi. Untuk lebih lengkapnya lagi, mengenai jenis pakan kenari yang bagus, sebagaimana berikut ini;

Makanan Sayuran Segar

Makanan kenari yang berupa sayuran segar sangat bagus jika diberikan secara teratur. Pasalnya di dalam sayuran segar terkandung berbagai kadar vitamin yang diperlukan oleh sistem pertumbuhan burung. Disamping itu, adapun beberapa jenis pakan sayuran yang bisa diberikan kepada burung bersuara khas ngerol ini, antara lain kubis, cabe merah, sawi, wortel, selada, mentimun, jagung muda, gambas atau oyong, dan sebagainya.

Sayuran segar sangat bagus jika diberikan dengan rutin dan teratur setiap harinya, terlebih lagi kalau dijadikan sebagai pendamping konsumsi utamanya yang berupa canary seed ataupun milet. Namun hal yang perlu untuk lebih diperhatikan dalam menyajikan jenis pakan segar ini ialah selalu memeriksa kondisinya. Pada umumnya sayuran segar tidak bisa bertahan lama, atau lebih tepatnya mudah layu dan mengering.

Sayuran yang sudah layu atau mengering, kandungan vitamin-nya otomatis akan berkurang. Apabila itu tetap dikonsumsi oleh burung, maka vitamin yang dibutuhkan olehnya, kemungkinan tidak akan dapat terpenuhi dengan baik. Oleh karena itu untuk menghindari hal-hal sedemikian rupa, ada baiknya jika selalu memeriksa kondisi sayuran yang diberikan. Kalau sekiranya sudah tidak layak untuk dimakan oleh burung, sebaiknya segera diganti dengan yang lebih segar atau baru.

Makanan Buah-buahan Segar

Fungsi dari makanan kenari biar ngerol yang berupa buah-buahan segar, hampir sama halnya dengan peran dari sayuran segar. Dimana keduanya sama-sama mengandung beraneka macam vitamin yang bagus untuk tumbuh kembang dan menjaga kebugaran tubuh burung. Sedangkan untuk jenis pakan buah-buahan yang bisa diberikan kepada kenari, antara lain pepaya, apel merah, pisang, jeruk, dan lain sebagainya.

Karena beberapa buahan tersebut masing-memiliki jenis vitamin yang berbeda-beda, supaya aneka macam kebutuhan vitamin yang diperlukan oleh burung mampu tercukupi dengan sempurna, maka alangkah baiknya jika buah-buahan segar diberikan secara bervariasi. Semisal hari pertama diberi apel merah, hari kedua pepaya, hari ketiga jeruk, keempat pisang, dan begitu seterusnya.

Tidak berbeda jauh dengan sayuran, buah-buahan segar juga sebaiknya selalu diperiksa kondisinya. Apabila sudah terlihat tidak segar, terlebih lagi kalau telah membusuk maka ada baiknya jika segera diganti dengan yang lebih baru. Jika buah-buahan yang sudah membusuk tidak segera diganti, dan kemudian tetapi dikonsumsi oleh kenari, dampak kurang bagusnya yaitu bisa mengganggu sistem pencernaan burung.

Makanan Telur Puyuh

Kalau pakan tambahan burung berkicau jenis lain seperti cucak ijo dan pleci, pada umumnya adalah jangkrik, kroto, belalang, dll, akan tetapi untuk kenari, makanan tambahannya ialah berupa telur puyuh. Peran dari telur puyuh sendiri, yaitu untuk memenuhi kebutuhan protein yang diperlukan untuk sistem pertumbuhan burung. Dibandingkan telur ayam dan itik, banyak dibilang kalau telur puyuh memiliki kandungan protein yang lebih tinggi.

Namun sebelum disajikan kepada burung, makanan kenari telur puyuh harus direbus terlebih dahulu. Dan untuk bagian yang paling bagus diberikan adalah bagian kuning telur. Jika dibandingkan dengan bagian putih, kuning telur mempunyai kadar protein lebih tinggi. Kuning telur puyuh sangat baik dijadikan sebagai pelengkap atau pendamping jenis pakan lainnya seperti milet atau canary seed, sayuran segar, buah-buahan, asinan, dan lain sebagainya.

Karena telur puyuh rebus sangat mudah basi, maka ada baiknya untuk selalu memeriksa kondisinya. Kalau telur sudah basi, tetapi tetap dimakan oleh burung, sangat dikhawatirkan apabila dapat mengganggu kesehatannya, terutama pada segi pencernaan. Oleh karena itu, agar terjauh dari hal-hal yang tidak diinginkan maka sebaiknya selalu memeriksa kondisi telur. Untuk lebih baiknya lagi, selalu ganti telur dengan yang baru setiap sehari sekali.

Makanan Ulat Hongkong

Selain telur puyuh, makanan kenari gacor yang berupa ulat hongkong juga banyak dibilang kalau memiliki kadar protein yang cukup tinggi. Hanya saja belum tentu semua kenari mau menyantap jenis pakan tambahan ini. Dengan kata lain, terkadang beberapa burung tertentu ada yang gemar mengkonsumsi ulat hongkong, dan tak jarang pula ada yang enggan untuk menyantapnya. Disisi lain, perlu diketahui bahwa pemberian jenis pakan hidup ini cukup berisiko terhadap burung.

Kalau porsi penyajiannya terlalu berlebihan atau tidak sesuai dengan karakter burung, dan jika berlangsung lama, maka hal ini bisa menyebabkan terjadinya mabung yang tidak tepat pada waktunya. Pasalnya pemberian pakan kenari berupa ulat hongkong yang berlebihan, banyak dipercaya bahwa bisa meningkatkan suhu panas tubuh burung. Dan suhu panas yang meningkat tidak pada semestinya dapat memicu terjadinya mabung. Selain itu, penyajian ulat yang terlalu over juga diyakini bisa membuat burung jadi over birahi.

Makanan Biskuit dan Bubur Bayi

Salah satu alasan mengapa biskuit dan bubur bayi digolongkan sebagai makanan kenari, yaitu karena jenis pakan ini banyak dibilang kalau mempunyai zat gizi yang cukup lengkap. Khusus untuk bubur bayi yang berupa serbuk, pemberiannya bisa langsung dengan memasukkannya ke dalam wadah makan burung. Sedangkan untuk yang berupa biskuit, sebelum diberikan harus ditumbuk atau dihaluskan terlebih dahulu. Dan yang perlu diingat, kedua jenis pakan kenari buatan tersebut tidak harus dicampur dengan air ataupun bahan-bahan lainnya.

Source:

makanan kenari, pakan kenari, makanan burung kenari, sayuran buat kenari biar gacor, makanan kenari agar cepat gacor, pakan burung kenari, pakan kenari yang bagus, buah untuk kenari biar gacor, makanan kenari biar cepat gacor, makanan untuk kenari