Pakan / Makanan Ciblek Biar Cepat Ngebren

Makanan Ciblek – Ketika merawat aneka macam jenis burung berkicau, tentu ada momen yang ditunggu-tunggu oleh hampir setiap pemiliknya. Dan salah satu waktu yang paling dinanti oleh kicau mania adalah ketika si pengicau tersebut bisa lekas buka paruh dengan suara yang lantang dan bervariasi. Disamping itu, perihal serupa juga tak jarang diidamkan oleh para penghobi selaku pemelihara burung bertubuh kecil yang hampir seukuran dengan pleci ini. Dimana tujuan utama yang ingin dicapai ialah untuk memperoleh ciblek yang gacor dengan keragaman variasi, misalnya ngebren, nembak, ngerol, dan sebagainya.

Pakan Makanan Ciblek Biar Cepat Ngebren

Makanan Ciblek Biar Cepat Ngebren (Brandy Watch Channel – youtube.com)

Namun untuk memperoleh burung yang lebih menjanjikan khususnya pada segi kicauan-nya, tentu bukanlah perkara instan. Pasalnya selain pola perawatan atau setelan, pakan ciblek biar gacor yang diberikan setiap harinya juga sangat menentukan potensi burung untuk kedepannya. Kalau makanan terbaik bernutrisi lengkap serta pola perawatan ciblek harian sudah diberikan dengan rutin, teratur, konsisten, dan sesuai dengan karakter burung, niscaya hasil maksimal yang memuaskan akan segera diperoleh. Namun apabila beberapa hal tersebut kurang diperhatikan maka tidak menutup kemungkinan kalau penampilan burung akan cenderung biasa-biasa saja.

Sehubungan dengan pola perawatan, setelan harian yang kerap diterapkan oleh para pencetak burung juara, sebenarnya tidak berbeda jauh dengan rawatan yang diberikan kicau mania pada umumnya. Semisal dengan rutin memandikan, menjemur, selalu menjaga kebersihan kandang, dan setelan tambahan lain seperti pemasteran. Akan tetapi supaya hasilnya lebih maksimal, maka alangkah baiknya jika didukung dengan makanan ciblek terbaik supaya ia cepat bunyi. Disamping itu, untuk jenis pakan yang dapat diberikan kepada burung bersuara khas ngebren dan nembak ini, antara lain kroto, serangga, ulat, telur puyuh, dan voer.

Kroto

Di dalam makanan ciblek yang berupa kroto terdapat kadar protein yang cukup tinggi. Dan untuk jenis kroto yang umum diberikan adalah telur semut rangrang. Sedangkan untuk pemberian jenis pakan telur tersebut, para kicau mania memberikannya dengan jarang-jarang. Pasalnya kandungan protein tinggi yang ada pada kroto, banyak dibilang bisa membuat suhu panas tubuh burung jadi meningkat sehingga ia lebih rentan over birahi jika disajikan secara berlebihan.

Selain dapat menyebabkan over birahi, suhu panas tubuh yang meningkat tidak semestinya akibat dari pemberian kroto yang berlebihan juga banyak diyakini bahwa bisa membuat burung jadi mabung tidak tepat pada waktunya. Namun pernyataan tersebut akan terjadi apabila pemberian kroto yang over berlangsung dalam jangka waktu lama. Oleh karena itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan maka ada baiknya jika selalu memperhatikan takaran kroto yang diberikan.

Serangga

Apabila berbagai jenis serangga, umumnya berfungsi sebagai makanan tambahan terhadap burung pemakan buahan seperti cucak ijo dan pleci misalnya, akan tetapi khusus untuk burung berbadan kecil ini serangga justru menjadi santapan utamanya. Pakan ciblek agar gacor yang berupa serangga, pada dasarnya tidak berbeda jauh dengan kroto. Dimana keduanya sama-sama mengandung kadar protein tinggi yang sangat diperlukan untuk tumbuh kembang burung. Baik itu pada segi kesehatan ataupun pengembangan kemampuan berkicau-nya.

Sedangkan untuk jenis pakan serangga yang bisa dan umum disajikan oleh para kicau mania, antara lain belalang hijau, jangkrik, dan orong-orong. Beberapa jenis serangga tersebut ukurannya memang lebih besar dibanding paruh burung, sehingga tidak mungkin jika bisa langsung dilahap olehnya. Dengan begitu, sebelum diberikan maka harus dipotong kecil-kecil terlebih dahulu supaya lebih mudah dicerna oleh burung. Selain harus dipotong kecil-kecil, bagian kepala, kaki, dan bulu atau sayap serangga juga harus dibuang lantaran cukup sulit untuk dikonsumsi.

Ulat

Hampir sama halnya dengan kroto dan serangga, di dalam makanan ciblek yang berupa ulat juga terkandung kadar protein cukup tinggi. Disamping itu, ulat juga merupakan pakan utamanya saat berada di alam bebas dan kerap digunakan untuk meloloh atau menyuapi anaknya. Memberikan ulat secara rutin dan teratur, sangat memungkinkan kalau bisa membuat burung jadi lebih sehat dan gacor. Untuk jenis ulat yang umum diberikan oleh para penghobi adalah ulat kandang. Karena ukuran dari jenis ulat tersebut cukup kecil, maka sangat mudah untuk dikonsumsi oleh burung.

Telur Puyuh

Pakan ciblek yang berupa telur puyuh ini sebenarnya tidak tergolong sebagai makanan utama. Melainkan asupan tambahan yang berprotein tinggi. Dibandingkan dengan telur ayam dan itik, telur puyuh banyak dibilang kalau lebih bagus. Pasalnya kandungan yang ada pada telur puyuh kerap dipercaya bahwa lebih tinggi daripada telur ayam dan itik. Sebelum disajikan kepada burung telur harus direbus terlebih dahulu. Bagian yang paling bagus untuk diberikan adalah kuning telur atau yolk. Pada kuning telur terdapat lebih tinggi kandungan protein dibanding bagian putih telur.

Rutin dan teratur dalam memberikan kuning telur, diyakini mampu memperkuat ingatan atau memori pada otak burung. Dan apabila ingatan atau memori burung sudah benar-benar jadi lebih kuat, maka otomatis ia pun akan semakin mudah untuk merekam dan kemudian menirukan suara yang ada di sekelilingnya, khususnya untuk suara MP3 isian atau masteran yang diberikan. Disamping dapat memperkuat memori otak burung, telur puyuh juga dipercaya bahwa bisa mencegah ancaman katarak yang menyerang pada bagian mata burung.

Meskipun bagus untuk diberikan secara rutin dan teratur, akan tetapi ada baiknya jika telur puyuh tidak disajikan dengan takaran atau porsi yang terlalu berlebihan. Bisa demikian, sebab di dalam telur puyuh ternyata juga mengandung kadar lemak. Dan lemak itu sendiri bisa menyebabkan burung menjadi obesitas atau kegemukan jika dikonsumsi berlebihan. Dampak kurang bagus dari obesitas yaitu membuat burung jadi kurang aktif lantaran badan yang gemuk. Burung yang kurang aktif bergerak biasanya akan cenderung kurang sehat lantaran pembakaran lemak yang tidak sempurna.

Kalau burung jadi kurang sehat dan lebih mudah sakit-sakitan, tentu hal ini akan menghambat pengembangan kemampuannya dalam berkicau. Burung yang rentan sakit bahkan bisa membuatnya berujung nahas. Oleh sebab itu, agar terhindar dari kenyataan-kenyataan yang cenderung kurang bagus seperti halnya tersebut, maka sebaiknya lebih memperhatikan takaran atau porsi pemberian telur puyuh rebus. Kebanyakan para kicau mania memberikan telur puyuh sebanyak 2 hingga 3 butir dalam seminggu. Sedangkan untuk porsi telur, umumnya hanya diberikan ½ butir pada pagi dan sore hari.

Voer atau Poor

Voer merupakan makanan ciblek yang bisa difungsikan sebagai pakan pendamping tetapi juga harus selalu tersedia pada wadah makannya. Pasalnya di dalam voer terdapat kandungan protein, mineral, dan zat-zat lain yang belum tentu ada pada ktoro, serangga, ulat, ataupun telur puyuh. Itu sebabnya sangat disayangkan kalau poor tidak dikonsumsi oleh burung. Namun karena ciblek yang dijual di pasaran kebanyakan adalah hasil tangkapan sehingga belum terbiasa mengkonsumsi poor, maka upaya yang bisa dilakukan ialah dengan melatihnya supaya mau menyantapnya. Untuk voer yang umum diberikan, yaitu yang berkadar protein sedang antara 12-18%.

Source:

perawatan ciblek gunung, foto burung ciblek merak, perbedaan prenjak gunung dengan prenjak pagar, download ciri ciri burung prenjak laki, pakan ciblek paling bagus biar gacor, download suara burung ciblek betina untk pikat jantan versi pendek, makanan ciplek gacor, ciblek tebu dan gambar, cara merawat burung ciblek biar bunyi gacor, pakan burung ciblek biar cepat ngebren