Semua Macam Jenis Burung Kolibri / Madu Lengkap dengan Gambar

Jenis Kolibri – Mungkin dari sekian banyaknya jenis burung penyanyi indah lain, kolibri mungkin lebih menarik untuk selalu dibahas. Selain mempunyai tampilan fisik dan suara kicauan yang mengagumkan, burung pemakan nektar ini mempunyai manfaat yang luar biasa dan dikagumi oleh setiap masyarakat. Bagaimana tidak, saat di alam liar baik itu untuk jenis kolibri sepah raja, ninja / konin, kelapa / manggar dan wulung diketahui mempunyai kemampuan membantu penyerbukan secara alami berbagai jenis tumbuhan dan pepohonan. Maka tak heran jika semua burung dari keluarga Trochilidae ini begitu digilai oleh setiap penghobi. Entah itu untuk digunakan sebagai burung master, budidaya ataupun hanya sekedar dijadikan binatang peliharaan yang menemani waktu santai di rumah. (Baca: Suara Kolibri)

Sayangnya keindahan dan kelebihan yang ada pada burung pemakan madu ini tidak sebaik dengan fakta yang ada. Dimana burung ini saat ini jumlahnya sudah semakin berkurang, karena ulah para pemburu liar. Melihat fenomena ini tentunya pemerintah langsung mengambil tindakan. Lewat lampiran undang-undang no 7 tahun 1999, burung kolibri atau akrab dengan sebutan burung madu sudah dimasukan di dalam daftar burung yang dilindungi di Indonesia. Maka akan hal itu, bagi pemburu, penangkar dan bahkan untuk para penghobi yang ingin memeliharanya akan dijatuhi sanksi pidana bila melanggarnya. Jadi bagi masyarakat yang tertarik terhadap jenis burung ini harus rela mengurungkan niatnya jika tidak mau berurusan dengan aparat hukum.

Wilayah penyebaran burung kolibri sendiri hampir tersebar luas di seluruh belahan dunia, paling banyak bisa ditemui di hutan-hutan Amazon, Amerika Selatan. Menurut laporan terdapat lebih dari 300 spesies burung kolibri yang hidup di benua latin tersebut. Di Indonesia sendiri hanya ada beberapa jenis yang masih hidup dan dilindungi. Maka akan hal ini, pada topik kali ini saya telah menyiapkan seputar macam jenis burung kolibri lengkap dengan gambar yang hidup di Tanah Air dan sempat populer sebelum ditetapkan sebagai burung yang dilindungi.

1. Kolibri Sepah Raja (Aethopyga Siparaja)

gambar burung madu kolibri sepah raja

Burung Madu Sepah Raja (wikipedia)

Salah satunya adalah Kolibri Sepah Raja. Sesuai dengan nama yang disandangnya, saat di habitat asli burung ini sering terlihat bertengger di pepohonan dadap atau cangkring. Selain itu ia juga kerap terlihat bertengger di pohon-pohon berbunga, burung madu yang bernama latin Aethopyga Siparaja mempunyai ciri warna ungu pada bagian dahinya. Sementara itu, baik punggung, dada dan leher bewarna merah menyala. Ukuran tubuh burung pemakan nektar dan serangga ini bisa tumbuh sampai 13 cm. Saat masa reproduksi ia akan membentuk sarang menyerupai kantung yang menggantung di atas gundukan tanah yang berada tepi-tepi hutan dan berbagai semak belukar. Di Tanah Air sendiri wilayah penyebaranya meliputi Sumatra, Jawa, Sulawesi dan Kalimantan.

2. Kolibri Ninja / Konin (Nectarinia Calcostetha)

gambar burung madu kolibri ninja konin

Burung Kolibri Ninja (hiyashi – flickr)

Jenis kolibri ninja sendiri terdapat dalam 3 jenis, 2 diantaranya ialah Kolibri dada hitam dan King Konin. Selain mempunyai tingkah laku khas saat berkicau yakni Ngobra, Kolibri Ninja atau konin juga terkenal dengan warna tubuh indah yang dimilikinya. Burung pemakan nektar, madu dan berbagai serangga kecil ini juga mempunyai ciri khas pada bagian dadanya. Bisa Anda lihat, terdapat tiga macam kombinasi warna bulu indah mulai dari biru tua, kuning dan merah menyala. Di habitat asli, burung yang bernama latin Nectarinia Calcostetha ini sering terlihat di hutan-hutan bakau dan terkadang juga terlihat di tepi pantai untuk mencari makan. Wilayah penyebaranya paling yang ada di Indonesia sendiri meliputi Jawa, Kalimantan dan Sumatra.

3. Kolibri Kelapa / Manggar (Anthreptes Malacensis)

gambar burung madu kolibri kelapa

Burung Madu Kelapa (lipkee – flickr)

Burung yang bernama latin Anthreptes Malacensis ini mempunyai ciri khas warna bulu yang juga mudah dikenali. Dahi dan punggunga bewarna hijau terang, sayap kecoklatan dan tubuh bagian bawahnya bewarna kuning menyala. Di alam liar Kolibri Kelapa atau Manggar ini sering terlihat di hutan-hutan mangrove, kebun kelapa dan pekarangan terbuka untuk mencari makanan berbagai serangga kecil, nektar bunga sepatu dan buah-buahan. Saat memasuki masa reproduksi ia biasanya akan membentuk sarang bergantung berbentuk kantung yang terbuat rerumputan.Saat menginjak usia dewasa ukuran tubuhnya bisa tumbuh sampai 13 cm. Wilayah penyebaran di Indonesia sendiri, ia paling banyak ditemui di ketinggian 1200 meter (dpl) sunda besar dan berbagai pulau lain yang ada di sekitarnya.

4. Kolibri Wulung / Kaca (Anthreptes Singalensis)

gambar burung kolibri wulung

Burung Kolibri Wulung (ivijayanand – flickr)

Kolibri Wulung adalah salah satu jenis burung pemakan nektar yang tidak kalah eksotis. Bagaimana tidak, burung yang juga dikenal dengan nama kolibri kaca dan muncang ini mempunyai ciri khas warna oranye di leher hingga dada dan warna kuning pada bagian perut sampai pantat. Selain itu, dahi dan punggunya mempunyai motif warna hijau tua mengkilap. Di alam liar ia sering terlihat di tepi-tepi hutan cemara dan perkebunan kelapa untuk mencari makanan berupa serangga, ulat dan bunga nektar. Sama dengan sejenisnya, di habitat aslinya burung yang juga kerap disebut kolibri belukar ini juga akan membentuk sarang berbentuk kantung yang bergantung di ranting-ranting semak untuk bisa mengeluarkan 1-2 butir telur. Wilayah penyebaran paling banyak terdapat di pulau Jawa, Kalimantan dan Sumatra.

Source:

burung kolibri, kolibri, jenis kolibri, jenis burung kolibri, jenis jenis kolibri, gambar burung kolibri, jenis kolibri ninja, jenis2 burung kolibri, jenis jenis burung kolibri, macam kolibri