Semua Macam Jenis Burung Kenari Lengkap dengan Gambar

Burung Kenari sempat menjadi burung yang pernah mendominasi dalam meramaikan pangsa pasar burung di Tanah Air. Hanya saja setelah munculnya berbagai burung penyanyi jenis baru seperti Murai Batu, Tledekan, Branjangan dan Kacer membuat seakan-akan burung yang bernama latin Serinus Canaria ini secara perlahan mulai goyah popularitasnya. Meskipun demikian, ternyata burung ini masih menjadi nomer satu dan menjadi burung idola bagi sebagian orang untuk dipelihara. Mengenai kemampuan masing-masing jenisnya, burung ini memang pantas untuk tidak dilupakan begitu saja, karena semua jenis kenari tidak hanya menawarkan suara gacor merdu saja, melainkan juga dianugerahi tubuh indah dan tegas yang bisa memanjakan mata bagi orang yang melihatnya. Entah itu kenari yorkshire, norwich, gloster, border roller dan crest, semua sama-sama unggul. (Baca: Suara Kenari)

Salah satu jenis kenari sendiri pertama kali ditemukan oleh seorang pelaut perancis yang bernama Jean De Berthan Cout pada abad ke-15 di kepulauan Canaria, Samudera Atlantik. Terkesan dengan keindahan tubuh saat pertama kali melihat kenari, pelaut tersebut menangkap dan membawanya ke negaranya untuk dibudidaya. Namun pada waktu yang hampir berdekatan, seorang raja Carlos VII dari kerajaan Spanyol berhasil memenangkan sengketa atas kepulauan Canary. Dan di bawah seorang navitagor Kapal Henry, ia membawanya ke negara Spanyol untuk dikembangbiakan lalu menjualnya ke negara-negara di eropa dan lambat laun juga menyebar ke negara di benua Asia, Amerika, Afrika dan Australia.

Mungkin itu sedikit sejarah atau asal usul adanya berbagai jenis kenari yang mungkin perlu Anda ketahui. Jenis dari hasil perkawinan silang yang berbeda-beda, tentunya berhasil melahirkan bakalan baru yang dianugerahi karakter dari sang indukan. Maka tak heran kenapa jenis burung ini begitu dicintai oleh kebanyakan masyarakat kalau persilangan memakai YS yang memiliki badan tegas, atau Waterslager yang terkenal dengan nyanyiannya. Sebuah kepuasan tersendiri mempunyai kenari gacor, badan tegap dan memiliki warna cerah seperi merah, warna isabel, romeo, kuning, orange, putih, hijau, coklat, hitam merah, pink ataupun blorok. Selain kedua kenari tersebut, ternyata masih banyak jenis lain yang saling mempunyai keunggulan, seperti warna, kicauan dan postur tubuh. Berikut ulasan beberapa macam jenis burung kenari yang disertai dengan gambar.

1. Kenari Yorkshire

gambar kenari yorkshire

Kenari Yorkshire (rhonddacbs.co.uk)

Bisa dibilang burung kenari yorkshire merupakan jenis kenari impor paling istimewa. Seperti yang Anda lihat, secara keseluruan bentuk fisik yang dimilikinya terlihat sangat menawan dan mengagumkan. Hanya bermodalkan warna kuning keemasan saja, ia sudah bisa membuat orang jatuh cinta. Terlebih lagi jika saat ia sudah mengeluarkan kebolehan-nya dalam berkicau gacor maupun ngeroll, maka rata-rata pecinta burung pasti ingin memilikinya. Inilah alasan mengapa harga yorkshire di pasaran relatif lebih tinggi daripada yang lain (Baca: Harga Kenari). Pakan kenari yorkshire sendiri berupa biji-bijian, canary seed dan sesekali harus diberi makanan sayuran sebagai asupan protein.

2. Kenari Norwich

gambar kenari norwich

Kenari Norwich (duniakicau.wordpress.com)

Inilah jagoan dari kota Norwich, Ingrris sejak tahun 1800-an. Kenari Norwich adalah burung yang dikembangkan di negeri The Black Country ini bahkan menjadi lambang atau logo klub sepak bola Norwich City FC. Namun itu bukan alasan utama mengapa burung ini juga sangat populer di Tanah Air, karena kenari orange yang satu ini memang mempunyai keindahan dari segala sisi. Sebagai Awalnya bisa Anda lihat pada segi perawakan yang dimiliki, sangat jelas terlihat ia juga dianugerahi fisik yang indah. Meskipun terlihat bulat dan pendek, panjang tubuhnya bisa mencapai 15-16 cm. Pakan burung kenari norwich yang paling cocok sendiri adalah canary seed dan rape seed.

3. Kenari Gloster

gambar kenari gloster

Kenari Gloster (kanarya.com.tr)

Kenari Gloster juga salah satu kenari impor yang sangat mengagumkan dan itu bisa dilihat dari penampilan nyentrik yang dimilikinya, sebab ia mempunyai jambul mirip jamur yang sudah menjadi ciri khasnya. Meskipun besar tubuhnya tidak bisa tumbuh lebih dari 11cm, namun ia dikenal sebagai jenis kenari yang cukup tangguh baik dari segi staminta maupun kicauan. Kenari unik ini mempunyai kombinasi warna bulu kuning kehijau-hijauan. Makanan utama yang biasa diberikan para ahli burung untuk kenari yang satu ini adalah canary seed, rape seed dan sayur-sayuran. Perlu diingat, gloster merupakan salah satu burung yang gampang strees atau sakit jika disentuh.

4. Kenari Border

gambar kenari border

Kenari Border (hayvanresimleri.org)

Sementara itu untuk jenis kenari border merupakan burung impor yang pertama kali dilahirkan di perbatasan Ingrris dan Skotlandia pada tahun 1700-an. Burung kenari dijuluki “Wee Gem” yang berarti kecil, lincah dan kuat ini mempunyai panjang tubuh antara 10 sampai 14 cm. Meskipun dikenal sebagai burung yang aktif, namun kenari border memiliki sifat pemalu, sebab ia hanya berkicau pada saat tidak ada manusia atau burung pengicau lain. Kenari border juga burung yang suka mandi dan berjemur serta menyukai makanan canary seed dan rape seed. Hanya saja ia juga harus diberi pakan vitamin untuk menjaga kondisi agar tetap terjaga seperti buah-buahan dan sayuran.

5. Kenari Roller

gambar kenari roller

Kenari Roller (uzmantv.com)

Kenari yang pertama kali dikembangkan atau dilahirkan di wilayah pegunungan Hart negara Jerman ini juga tidak kalah pamor dengan jenis kenari impor yang sudah saya sebutkan di atas. Baik dari segi fisik maupun suara kicauan ngeroll, kenari roller sudah cukup diperhitungkan. Selain warna kuning keemasan, ciri khas yang mudah dikenali bisa dilihat dari gundukan atau gelembung suara pada bagian dagu yang dimilikinya. Hanya saja panjang tubuhnya tidak lebih besar daripada kenari pada umumnya, yakni hanya bisa mencapai 7,5-8cm saja. Burung kenari kuning ini juga dikenal dengan nama burung Hazer ini menyukai makanan canry seed, rape seed dan sayur-sayuran.

6. Kenari Crest

gambar kenari crest

Kenari Crest (hdw7.com)

Untuk jenis kenari impor yang selanjutnya yang tidak kalah menggigit adalah kenari crest. Burung kenari jambul yang pertama kali ditemukan pada tahun 1950-an ini sempat dikenal dengan nama si raja Raja Fantasi (King OF The Fancy). Mungkin alasannya karena penampilan pada bagian kepala yang sedikit unik (Jambul). Bisa Anda lihat, bulu yang berada di bagian kepala menyerupai bentuk mahkota. Bahkan ada juga kenari crest lain yang mempunyai mahkota yang panjangnya bisa menutupi seluruh wajah. Burung kenari yang bisa dianugrahi warna kuning, merah, atau pink ini juga menyukai makanan canry seed, rape seed dan aneka sayur-sayuran.

Source:

kenari, jenis kenari, gambar burung kenari, jenis jenis kenari, jenis jenis kenari dan gambarnya, jenis jenis burung kenari, gambar kenari, macam kenari, macam macam kenari, Macam macam burung kenari