Semua Macam Jenis Burung Kacer Lengkap dengan Gambar

Jenis Kacer – Kucica kampung atau lebih tidak asing dipanggil dengan nama kacer dan magpie robin merupakan jenis burung penyanyi yang jumlah pemelihara dan komunitasnya juga cukup banyak di Indonesia. Di Tanah Air sendiri, Jenis burung yang mempunyai dua kombinasi warna bulu hitam dan putih ini terdapat dalam berbagai jenis, mulai dari kacer poci dada putih, jawa atau kacer hitam, madagaskar, kalimantan dan blorok. Beberapa macam jenis burung kacer tersebut seluruhnya sudah cukup menjadi incaran para kicau mania. Alasanya pun bermacam-macam, mulai dari untuk digunakan sebagai hewan peliharaan, burung masteran dan sampai ada yang bertujuan untuk dibudidayakan.

Jika bicara mengenai habitat asli burung hitam ini di alam liar, pada dasarnya jumlah burung kacer saat ini tidak begitu banyak seperti pada saat tahun 1980 sampai 1990-an. Pada saat itu burung kacer hitam atau putih sering terlihat di area perkebunan, persawahan, padang rumput dan hutan. Hanya saja semakin kesini, jumlah jenis burung yang bernama latin Copsychus saularis ini seakan semakin berkurang. Entah karena alasan apa, yang jelas motif yang cukup masuk akal adalah populasi kacer di alam liar sudah semakin berkurang, mulai disebabkan oleh ulah pemburu liar, habitat sudah semakin menyempit, perubahan iklim dan lain-lain. Meskipun demikian, berutungnya masih ada beberapa pihak yang mau membudidayakan kacer atau bahkan melakukan pelepasan, sehingga populasinya masih sedikit terjaga.

Pangsa pasar burung kacer di Tanah Air sendiri juga sudah cukup ramai. Dimana sudah cukup banyak sekali beberapa kejuaraan kicau dan latber yang kerap menampilkan suara kacer gacor yang ngobra atau ngeplong. (Baca : Suara Kacer). Mungkin bagi Anda yang belum tahu banyak tentang jenis kacer yang ada di Indonesia perlu mengetahui alasan lain kenapa burung hitam ini sangat disukai. Selain memiliki suara yang merdu, kacer juga digemari lantaran tingkah laku yang dimilikinya dan itu tidak dimiliki oleh jenis burung pengicau lain. Bagi kebanyakan masyarakat jawa menamai dengan istilah “Mbagong”. Meskipun tingkahnya ini menggambarkan saat ia merasa kalah atau ketakutan, namun tingkah laku tersebut seolah membesarkan badan-nya ini terlihat sangat lucu. Berikut macam jenis burung kacer diserta dengan gambar burung perpaduan hitam dan putih ini.

1. Kacer Poci

gambar kacer poci sumatra

Burung Poci (oiseaux.net)

Burung yang bernama latin Copsychus saularis ini merupakan salah satu jenis burung yang juga mempunyai perawakan dan kicauan gacor ngobra yang mengagumkan. Kacer poci / sekoci atau juga dikenal dengan nama kacer sumatera ini mempunyai ciri-ciri yang cukup mudah untuk dikenali. Anda bisa lihat, terdapat kombinasi warna bulu hitam dan putih di setiap tubuhnya. Dadanya bewarna putih, baik punggung dan warna bola matanya berwarna hitam. Sementara itu di bagian kedua sayapnya terdapat perpaduan warna hitam dan putih. Karena warna dada yang putih, maka sebagian orang juga menyebut burung ini dengan nama kacer putih atau dada putih. Wilayah penyebaran kacer ini meliputi China, India, Nepal, Thailand, Filipina, Malaysia dan Indonesia.

2. Kacer Lokal

gambar kacer hitam jawa

Burung Kacer Hitam (wikipedia)

Kacer jawa juga merupakan burung dari keluarga Muscicapidae yang menarik. Baik dari segi kicau gacor maupun penampilan, burung yang bernama latin Copsychus sechellarum ini juga mempunyai daya tarik pada bagian warna hitam yang dimilikinya. Salah satu jenis kacer ini juga mempunyai perawakan yang mudah dikenali pada bagian warna bulunya. Tidak sulit untuk mengenali kacer hitam ini, sebab hampir seluruh tubuh bewarna hitam pekat. Hanya saja yang membedakan hanya pada bagian sayapnya, yakni berwarna hitam dan putih. Selain itu, burung kacer yang satu ini juga dikenal pandai menirukan ritme kicauan yang dikeluarkan dari jenis burung lain.

3. Kacer Madagaskar

gambar kacer madagaskar

Burung Kacer Madagaskar (lynxeds.com)

Untuk jenis kacer ini sedikit berbeda, sebab ia berasal dari benua Afrika. Jika dilihat sekilas, kacer madagaskar ini mirip dengan sejenisnya, namun tetap ada beberapa bagian yang berbeda pada warna bulunya. Jika Anda perhatikan secara seksama, warna bulunya sedikit kebiru-biruan. Terlebih lagi saat ia terkena sinar matahari, maka warna justru terlihat lebih biru. Terdapat 3 spesies yang tersebar di seluruh dunia, namun hanya jenis kacer ini yang paling laku di Tanah Air. Meskipun dari benua Afrika, karakter suara gacor maupun ngeroll yang dimiliki tidak jauh berbeda dengan sejenisnya dan juga pandai menirukan ritme suara jenis burung lain.

4. Kacer Kalimantan

gambar kacer kalimantan

Burung Kacer Kalimantan (bamoto22 – fjb.kaskus.co.id)

Terdapat kacer kalimantan yang sudah terbagi menjadi ras dan spesies, mulai dari ras Copsychus Solaris Musicus, Pluto dan Adamsi. Ras pertama mempunayi warna dominan hitam dan putih yang terdapat pada perut hingga pantat. Untuk ras kedua dan mempunyai ciri bulu bewarna yang hitam pekat dan sedikit warna putih. Wilayah penyebaran jenis burung kacer ini meliputi kalimantan barat, timur dan utara. Pada dasarnya tidak hanya ada di kalimantan saja, jenis burung kacer ini sebenarnya juga dapat ditemui di hampir semua pulau di Tanah Air seperti pulau bali, nias dan bangka belitung. Lebih tepatnya, nama yang diberikan ini hanya istilah saja saat ia berada di pulau kalimantan.

5. Kacer Blorok

gambar kacer blorok

Burung Kacer Blorok (tads303 – youtube.com)

Mungkin inilah burung kacer dengan perawakan paling unik. Kacer blorok merupakan burung hasil perkawinan silang antara kacer jawa dengan kacer putih. Bisa Anda lihat motif warna hitam putih pada bulunya sangat terlihat unik dan beda dari yang lain. Tidak hanya itu, keunggulan lain yang dimiliki burung ini juga terletak pada kicauan yang dimiliki. Ia juga terkenal bisa menirukan suara gacor atau ngeplong dari jenis burung lain. Selain itu, kacer blorok juga sangat laris di pasaran dan selalu menjadi perburuan setiap pecinta kacer untuk dipelihara. Makanan favoritnya juga tidak berbeda yakni jangkrik, kroto dan ulat.

Source:

kacer, jenis kacer, jenis burung kacer, kacer jawa, gambar burung kacer, jenis jenis kacer, jenis jenis burung kacer, foto burung kacer, burung kacer jawa, jenis kacer dan gambarnya