Semua Macam Jenis Burung Anis / Punglor Lengkap dengan Gambar

Jenis Punglor – Mungkin memang pantas jika semua jenis anis bisa disejajarkan dengan burung istimewa lain yang ada di Indonesia seperti Cucak Ijo, Tledekan, Kenari ataupun Murai Batu. Mengapa demikian? Sebab semua burung yang bernama lain punglor ini juga mempunyai daya tarik tersediri di mata setiap penghobi lantaran segala keindahan yang dimilikinya. Entah itu untuk jenis burung anis merah, kembang, macan, maupun anis cendana yang jelas semua mempunyai ciri khas. Bagaimana tidak, semua burung dari genus Zoothera tersebut sudah terkenal karena mempunyai kicauan merdu disertai ekspresi teler luar biasa yang tidak bisa ditirukan dan dimiliki oleh jenis burung penyanyi lain.

Tentunya keunikan atau ciri khas yang dimiliki oleh burung anis yang di bawa sejak lahir tersebut sudah menjadi kebanggaan, khususnya bagi setiap penggemarnya. Kepopulerannya bisa dilihat dari sudah sekian banyaknya berbagai event kejuaraan kicau dan kontes latber di berbagai daerah di Indonesia yang diadakan. Selain penilaan dilihat dari segi kicauan, angka yang diberikan oleh setiap juri juga berdasarkan ekspresi atau gaya yang sudah saya sebutkan di atas tadi, yakni teler atau ngeplong. Jika burung punglor semakin teler dan bahkan telernya sampai jatuh, maka akan semakin besar pula nilai yang diberikan.

Terlepas dari itu semua, wilayah penyebaran jenis anis sendiri sudah hampir bisa ditemui di seluruh belahan dunia. Di Tanah Air sendiri jenis burung ini bisa ditemukan di Pulau Jawa, Nusa Tenggara, Kalimantan, Jayapura dan Sumatra. Saat di alam liar tempat kesukaanya berupa tempat-tempat yang cenderung lembab seperti pegunungan, hutan-hutan lebat dan lahan-lahan basah. Selain itu, makanan pokok saat di habitat aslinya berupa berbagai serangga kecil seperti jangkrik, belalang dan cacing. Berikut berbagai macam jenis burung anis / punglor lengkap dengan gambar yang populer di Indonesia.

1. Anis Merah (Zoothera citrina)

gambar burung anis merah

Burung Anis Merah (hendyk84 – photobucket.com)

Jenis punglor merah bisa dibilang jenis burung punglor yang paling dikagumi oleh setiap penghobi. Pada dasarnya dari segi kicauan dan gaya khas telernya sama dengan yang lain, hanya saja tidak ada alasan yang pasti mengapa jenis ini paling mendominasi. Ciri-ciri burung yang bernama latin Turdus citrinus ini mempunyai bulu bewarna oren terang kemerah-merahan. Bagian punggung serta sayap bewarna abu-abu bercampur putih. Selain memiliki ekor pendek, burung anis merah memiliki kaki yang panjang dan warna matanya merah kehitam-hitaman atau setiap penghobi menyebutnya dengan istilah mata jawa. (Baca: Suara Anis Merah)

2. Anis Kembang (Zoothera interpres)

gambar burung anis kembang

Burung Anis Kembang (jayanzz – photobucket)

Jenis punglor kembang rata-rata banyak ditemukan di Jawa Barat, Jawa Timur dan Bali. Ciri yang bisa diambil untuk bisa mengenalinya ialah warna merah kecoklatan pada bagian atas kepalanya, dadanya bewarna hitam dan sayapnya bewarna juga bewarna hitam dengan sedikit campuran warna putih. Bintik-bintik putih juga bisa dilihat di bagian dada hingga perut. Meskipun suara ngeriwik beserta telernya tidak begitu populer, namun jenis anis kembang ini dianggap paling cocok menjadi babuan untuk jenis burung anis lainnya di peternakan. Bisa dibilang, ia lebih baik dan bagus jika bicara soal merawat anak-anaknya.

3. Anis Macan (Zoothera dohertyi)

gambar burung anis macan

Burung Anis Macan (wikipedia)

Burung yang bernama ilmiah Zoothera dohertyi ini merupakan unggas endemik dari kepulauan Nusa Tenggara, Sumba dan Timor. Hanya saja untuk keberadaan burung ini di pulau jawa dan sumatra rata-rata dipasok dari kota Ampenan, Mataram. Sesuai dengan nama disandangnya, anis macan mempunyai corak bulu menyerupai harimau. Pada bagian kepala didominasi warna hitam. Habitat burung ini sendiri biasanya menyukai tempat atau tanah-tanah yang lembab untuk mencari makanan cacing. Terkadang ia juga memkan buah-buahan sebagai asupan nutrisi di tubuhnya.

Source:

jenis burung anis, burung punglor, bunglor, jenis burung punglor, Anis air, perbedaan anis kembang dan macan, Macam macam burung, makanang anis hitam, makanan punglor ma, suara burung ruyuk merah bata