Cara Merawat Pleci Bakalan Agar Cepat Gacor

Merawat Pleci Bakalan Cepat Gacor – Banyak dari kicau mania yang beranggapan bahwa merawat burung pleci bakalan supaya lekas berkicau memang membutuhkan ketelatenan serta jam terbang yang tinggi. Selain pemberian pakan-pakan berkualitas, penangkar juga dianjurkan untuk memperhatikan pola perawatan harian yang baik dan benar. Misalnya dengan memandikan serta membersihkan sangkarnya secara rutin. Tak hanya itu, perawatan tambahan juga kerap diberikan oleh kebanyakan penangkar pleci yang bertujuan supaya bisa menunjang suara kicaunya. Beberapa cara tersebut meliputi pemasteran, penjemuran, pengembunan dan sebagainya.

Cara Merawat Pleci Bakalan Agar Cepat Gacor

Pleci Bakalan (Anggazero – kaskus)

Selain itu, ada pula yang berpendapat dengan cukup unik, bahwa memandikan pleci bakalan dengan air es di malam hari bisa membuatnya cepat buka paruh. Menurut saya, cara pemandian tersebut tidak terlalu akurat, sebab setiap burung memiliki karakter yang berbeda-beda. Apabila fisiknya bagus, maka lama-kelamaan ia akan terbiasa dengan pemandian tersebut. Namun jika fisik burung tidak terlalu bagus, justru akan membuatnya merasa tertekan, dan pada akhirnya burung dari keluar Zosteropidae ini malah enggan berbunyi. Untuk lebih baiknya, berikan wadah berisi air biasa yang berukuran lebih besar darinya. Jika burung ingin mandi, maka ia nyebur ke dalam wadah air dengan sendirinya sehingga burung mungil ini merasa nyaman daripada harus disemprot dengan air es.

Merawat pleci bakalan agar cepat gacor, memang memerlukan cara yang lebih. Beberapa cara yang bisa kita berikan adalah dengan menggantangnya di bawah pohon rindang dan mengajaknya jalan-jalan ke rumah rekan yang juga memelihara pleci. Saat digantang pada pohon, ia akan merasa berada di alam bebas dan jika mendengar kicau burung lain maka unggas bernama latin Zosterops ini akan mencoba untuk menyahut suara gacor yang didengarnya. Mengajak jalan-jalan ke rekan yang juga memiliki unggas pengicau ini tujuannya untuk dikoloni. Sebab si kacamata putih ini merupakan burung koloni, dimana saat di alam bebsa ia akan terus berkicau bersama bila berada dalam satu wilayah yang sama. Selain itu, masih ada banyak cara yang bisa dilakukan supaya pleci gacor. Berikut ringkasan informasi yang beberapa diantaranya saya simpulkan dari omkicau.com

Pemberian Buah-buahan dan Ekstra Fooding (EF)

Pada habitat aslinya, burung bertubuh kecil ini umumnya lebih sering memakan buah-buahan segar dibandingkan dengan ekstra fooding. Hal tersebut sangat wajar, karena di alam bebas pleci sulit menemukan EF misal kroto, ulat, serangga kecil dsb. Namun pengicau ini lebih banyak menemukan buah-buahan seperti pisang, jeruk, apel dan pepaya. Dengan begitu, anda bisa lebih sering memberinya buah dari pada ekstra fooding. Sebab pemberian EF sangat berisiko terhadap metabolisme-nya, bila sampai berlebihan ia malah akan mabung sebelum pada waktunya yang malah membuatnya macet bunyi.

Pemberian Voer – omkicau.com

Berbagai kandungan gizi yang dibutuhkan pleci ada pada voer misal protein kasar, energi metabolisme (kalori), lemak kasar, karbohidrat, serat kasar hingga vitamin dan mineral. Berikan Veor pada cepuk dan letakkan dalam sangkar, meskipun tidak dimakan jangan buru-buru untuk mengeluarkan voer karena burung membutuhkan latihan agar bisa memakannya. Sekedar saran, jangan sering mengganti-ganti merk veor, sebab sudah banyak yang mengatakan bahwa hal ini bisa berdampak pada pemudaran warna bulu burung tersebut.

Pemandian Pleci

Di alam bebas pleci sangat gemar berkelana pada tempat yang terdapat aliran air sungai dan sering mandi di kawasan itu. Sehubungan dengan pernyataan tersebut, ada baiknya jika anda menyediakan cepuk yang berukuran lebih besar dari tubuhnya dan diisi dengan air, kemudian diletakkan dalam sangkarnya. Ketika ingin mandi maka ia akan berenang pada wadah yang telah terisi air. Menurut saya, metode tersebut lebih bagus diterapkan dibandingkan dengan menyemprotnya, sebab cara itu tidak mengandung unsur pemaksaan ketika mandi burung berlangsung.

Gantang di Tempat Ramai – omkicau.com

Banyak yang mengatakan bahwa dengan meng-gantang burung ini di tempat ramai, bisa membentuk mental yang bagus baginya. Makin sering berada di keramaian dan semakin sering bertemu dengan manusia, maka semakin terbiasa pula ia keadaan tersebut, di waktu inilah mental pleci mulai tercipta. Selain mampu membentuk mental yang bagus bagi burung kacamata, metode tersebut juga banyak dinilai bisa membuatnya lebih jinak pada manusia, mungkin karena sudah terbiasa dengan kehadiran orang-orang berlalu-lalang.

Ajak Jalan-jalan untuk Mengikuti Latber – omkicau.com

Dengan mengajak jalan-jalan, burung ini akan merasa lebih nyaman karena di alam bebas ia sangat gemar berkelana dari satu tempat ke tempat lainnya. Kalau ada waktu sempatkan untuk mengikut sertakan burung kacamata pada kegiatan latber, ada baiknya kegiatan tersebut bisa terlaksana minimal seminggu sekali. Namun bila tidak sempat melaksanakannya, mungkin karena acara latber tidak sesuai dengan hari libur, maka cukup dengan meluangkan sedikit waktu senggang untuk meng-koloni dengan burung pleci milik seorang rekan. Metode ini juga cukup mampu melatih mental pleci.

Selain poin-poin cara merawat pleci bakalan jadi gacor diatas, dalam pola harian perawatan memang disarankan untuk lebih hati-hati, terutama saat memberi makanan berupa ekstra fooding. Banyak yang mengatakan bahwa pemberian EF seperti ulat dan jangkrik secara berlebihan akan berdampak kurang baik baginya. Sebab pakan tersebut bisa mengakibatkan kebutuhan asupan gizi dan daya serap tidak seimbang sehingga berimbas buruk bagi tubuhnya. Untuk itu, ada baiknya jika anda lebih menekan makanan pleci bakalan pada pemberian buah seperti pisang, pepaya, apel dan jeruk. Jika dibandingkan dengan EF, buah-buahan tersebut lebih aman diberikan, meskipun dengan porsi yang lebih banyak.

Source:

pleci malang, cara merawat pleci bakalan, perawatan pleci bakalan, merawat pleci bakalan, pleci bakalan, prawatan pleci, cara memelihara burung pleci biar cpet gacor, cara merawat burung pleci bakalan, memelihara pleci, cara gacorin pleci