Cara Membedakan Burung Jalak Nias Jantan dan Betina

Membedakan Jalak Nias Jantan dan BetinaJalak Nias memiliki nama ilmiah Acridotheres tristis. Common myna adalah sebutannya yang umum dalam literatur perburungan Internasional. Ciri fisik pada bodi mempunyai dominan berwarna coklat tua hampir semua badan, dan bulu kepala berwarna hitam. Pada bagian belakang atau pantat memiliki warna putih. Serta warna kuning di bagian paruh, lingkar mata dan kulit kaki. Ukuran tubuh burung ini hampir seukuran dengan jalak suren. Penyebaran burung jalak jenis ini sendiri hampir ke seluruh negara Asia dan mulai banyak dipelihara di berbagai negara luar Asia, misalnya Canada, Africa Selatan, Selandia Baru, Hawaii, Australia dsb.

Cara Membedakan Jalak Nias Jantan dan Betina

Burung Jalak Nias (dunee – kaskus)

Memiliki yang suara lantang dan variatif, membuat burung berparuh runcing ini menjadi cukup populer di tanah air. Kenyataan tersebut bisa dilihat dari semakin meningkatnya permintaan di pasaran dan terus bertambahnya penangkar dari burung jenis ini. Tak hanya itu saja, jalak nias juga seringkali tampil di beberapa arena perlombaan burung yang sekarang ini banyak diadakan di berbagai daerah. Meskipun keberadaannya terus diburu oleh kicau mania, akan tetapi populasinya di alam bebas bisa dikatakan masih melimpah lantaran sudah banyak orang yang mulai antusias untuk mebudidayakannya.

Bagi anda yang berkeinginan untuk memelihara jalak nias, pastinya sudah tahu perbedaan dari masing-masing jenis kelaminnya. Untuk jalak nias jantan banyak yang mengatakan bahwa suara gacornya lebih lantang dan variasinya cukup beragam. Sedangkan ciri betina pada suara, cenderung halus dengan sedikit variasi, bahkan hingga ada yang memiliki suara monoton. Dari beberapa pernyataan tersebut, masih ada beberapa aspek-aspek yang bisa digunakan untuk membedakan antara kedua jenis kelamin dari unggas burung berbadan gempal ini, untuk lebih lengkapnya lagi mari kita simak sejumlah ringkasan informasi yang telah disajikan di bawah ini.

Cici-ciri Jalak Nias Jantan

  • Kepala terlihat agak pipih berbentuk persegi dan terdapat sedikit jambul.
  • Suara lebih bervariasi dibandingkan jenis betina.
  • Saat berkicau akan mengangguk-anggukan kepala dan jambulnya terlihat agak mengembang.
  • Warna bulu di seluruh tubuh terlihat lebih mengkilap.

Cici-ciri Jalak Nias Betina

  • Bentuk kepala cenderung lonjong membundar.
  • Suara kicau cenderung monoton atau tanpa banyak variasi.
  • Pada umumnya jarang mengangguk-anggukan kepala dan jambul tidak mengembang.
  • Memiliki buluh tubuh yang cenderung terlihat agak kusam.

Banyak yang berpendapat bahwa jalak nias jantan memiliki paruh kuning yang lebih legam dibandingkan betina. Namun hal tersebut tidak bisa dijadikan tolak ukur yang pasti, sebab tingkat kelegaman paruh burung pada dasarnya juga disebabkan oleh faktor usia. Apabila semakin tua usia, maka semakin pekat pula warna paruhnya. Selain itu, juga banyak yang beranggapan bahwa sang jantan lebih rakus ketika menyantap makanan. Menurut saya hal ini juga kurang akurat karena tingkat nafsu makan pada burung sebenarnya tidak bergantung pada jenis kelamin, sebab setiap burung mempunyai nafsu makan yang berbeda-beda dan belum tentu burung jantan lebih rakus dibandingkan betina, begitupun sebaliknya.

Source:

jalak nias, perbedaan jalak nias jantan dan betina