Cara Membedakan Burung Cucak Ijo Jantan dan Betina dari Ciri Penampilan

Membedakan Cucak Ijo Jantan dan Betina – Burung yang memiliki nama ilmiah Chloropsis sonnerati ini, memang sudah tak asing lagi bagi penggemar burung kicauan. Selain tenar dengan nama cucak ijo, sebagian orang menyebut burung ini dengan nama cica daun, mungkin karena bulu tubuhnya yang dominan dengan motif hijau menyerupai warna dedaunan. Untuk popularitas burung gacor ngentrok dan ngotot ini di kalangan kicau mania terbilang begitu banyak peminatnya. Walaupun harganya yang tergolong tinggi, unggas yang satu ini tetap menjadi salah satu pengicau andalan, baik itu dipelihara sebagai pengicau rumahan atau bahkan untuk dijadikan peserta lomba burung gantangan.

Cara Membedakan Cucak Ijo Jantan dan Betina

Cucak Ijo Jantan (yeptadavid87 – kaskus)

Cucak ijo dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Greater green leafbird. Burung ini termasuk dalam suku Chloropseidae. Selain banyak disebut dengan cica daun, spesies bertubuh gempal ini juga memiliki beberapa nama sebutan, antara lain burung daun dan murai daun. Untuk ukuran tubuhnya, mempunyai panjang antara 22 cm bila diukur dari ujung ekor sampai paruh. Unggas jenis ini menyebar di Jawa, Bali, Sumatra, Semenanjung Malaya dan Kalimantan khususnya pulau Natuna. Biasanya satwa berbulu hijau ini mendiami perbukitan dan hutan dataran rendah yang berketinggian tak lebih dari 1000 meter di atas permukaan air laut. Di alam bebas burung daun ini memakan serangga-serangga kecil dan aneka buah-buahan segar.

Ciri dari burung jenis ini, pada umumnya memiliki bulu tubuh, sayap dan ekor yang di dominasi dengan warna hijau terang menyerupai daun muda. Tanda-tanda dari burung berjenis kelamin jantan, bisa dilihat dari bagian tenggorokan dan pipinya yang berwarna hitam mengkilap. Sedangkan untuk burung yang berkelamin betina, bisa ditandai dengan warna kuning muda yang terdapat pada bulu di bagian lingkaran mata dan tenggorokan. Bulu kuning pada lingkar mata cucak ijo betina akan terlihat lebih kusam dibandingkan unggas pejantan yang warna kuningnya lebih tegas. Untuk lebih lengkapnya lagi, mengenai perbedaan jenis kelamin burung cucak ijo jantan dan betina, ada baiknya untuk menyimak beberapa informasi yang telah di ringkasan dibawah ini.

Ciri Cucak Ijo Jantan

  • Memiliki lingkar mata kuning yang lebih tegas atau pekat.
  • Apabila masih anakan paruhnya berwarna cokelat gelap.
  • Tulang supit lebih keras dengan jarak sisi yang rapat.
  • Apabila kulit kaki sudah menyisik maka akan ada bintik hitam.
  • Bila diamati pupil mata akan terlihat hitam dan jernih.

Ciri Cucak Ijo Betina

  • Lingkar mata cenderung kusam dan warna kuningnya agak memutih.
  • Saat masih anakan paruh terlihat berwarna putih.
  • Supit urang lebih lembek dengan jarak antara kedua sisi yang renggang.
  • Jika kulit kaki sudah menyisik maka tidak terdapat trotol hitam.
  • Pupil mata cenderung berwarna coklat.

Untuk membedakan jenis kelamin pada burung cica daun yang paling gampang adalah dengan cara mengamati dagu dan bentuk tubuhnya. Ciri burung cucak ijo jantan memiliki postur tubuh yang tegas dan ukurannya lebih besar namun pendek. Selain itu, dagu sang jantan terdapat jelas bulu yang berwarna hitam. Sedangkan untuk cucak yang berkelamin betina, tubuhnya cenderung ramping dan ukurannya relatif lebih panjang. Dibagian dagu cucak ijo betina, warnanya tidak hitam melainkan kuning kehijauan.

Source:

ciri2 burung cicak ijo, cicak ijo jantan, bedakan cucak, ciri cucak ijo sumatra trotolan jantan, ciri cujak hijau kalimantan jantan muda, ganbar cucak ijo jantan dan betina, ijo cewk cowok, perawatan cucak hijau, perbedaan cak ijo jantan dan betina, perbedaan cucak ijo jantan n betina