Cara Membedakan Burung Kenari Jantan dan Betina dari Ciri dan Suara

Membedakan Kenari Jantan dan Betina – Menangkar kenari sekarang ini tidak hanya bisa dijadikan untuk memenuhi hobi saja, akan tetapi sebagian orang mulai memanfaatkan ketenaran burung tersebut menjadi sebuah peluang usaha yang biasa disebut dengan budidaya kenari. Tidak hanya keanggunan postur tubuh serta ragam variasi warna bulunya, kicauan kenari yang merdu dan variatif juga dinilai mampu mengurangi rasa stres sekaligus sebagai obat penyegar fikiran terutama bagi kita yang setiap harinya disibukan oleh aktivitas kerja. Tidak heran bila burung yang identik dengan warna cerah ini selalu dikembangkan dari waktu ke waktu demi menghasilkan bakalan yang mempunyai gacor yang mumpuni. (Baca: Suara Kenari)

Cara Membedakan Ciri Kenari Jantan dan betina

Ciri Kenari Jantan dan Betina (burungkenari.wordpress.com)

Burung pengicau dengan gaya khas ngerol ini mempunyai nilai jual yang kompetitif. Kenyataan tersebut dikarenakan kenari mampu membuat popularitasnya meluap, baik itu pada kalangan penghobi kicauan bahkan hingga di arena perlombaan burung gantangan yang sekarang ini banyak diadakan. Dari harga kenari yang mampu terjual dengan nilai tinggi adalah burung yang berjenis kelamin jantan, alasannya karena kenari jantan memiliki beberapa keunggulan dibandingkan kenari betina. Beberapa keunggulan yang dimiliki kenari jantan adalah suara gacor lebih lantang dengan durasi ngerol panjang, bodi atau postur tubuhnya lebih gagah daripada si betina dan sebagainya.

Apabila ingin menangkar burung pengicau ini, alangkah baiknya untuk menentukan pilihan terhadap jenis kelaminnya terlebih dahulu. Jika menginginkan kenari yang lebih gacor dan berpostur tegas, maka anda bisa memilih burung yang berkelamin jantan. Meski begitu, bukan berarti burung betina tidak dibutuhkan sama sekali. Suara kicau dari si betina sangat dibutuhkan dan bisa diandalkan untuk memancing gacoran burung kenari bakalan yang berkelamin jantan. Dengan demikian, burung pejantan akan lebih cepat buka paruh ketika mendengar suara ocehan kenari betina. Kesimpulannya, jika kita memelihara burung kenari jantan dan menginginkannya supaya cepat gacor, maka anda bisa memancing suaranya dengan kicau burung kenari betina.

Dengan beberapa pernyataan tersebut, sekarang anda sudah tahu keunggulan dan kebutuhan dari masing-masing jenis kelamin kenari. Selain diharuskan untuk mengetahui kelebihan dari kedua jenis kelamin kenari, anda juga harus tahu bagaimana cara membedakan antara kenari jantan dan betina berdasarkan ciri yang dimiliki. Tujuannya supaya nantinya anda tidak kesulitan ketika hendak membeli atau bahkan sampai berkeinginan untuk budidaya kenari.  Bagi anda yang sudah tidak sabar lagi untuk merawat burung ini, namun masih belum tahu cara membedakan jenis kelamin burung kenari, maka anda bisa menyimak beberapa cuplikan yang telah saya rangkum dibawah ini.

Ciri Kenari Jantan

  • Ketika masih berusia 3 hingga 4 hari, saluran pembuluh vena kenari jantan akan terlihat turun dari perut menuju pen/dubur
  • Posisi mata burung jantan akan terlihat sejajar dengan paruhnya jika sudah berusia kurang lebih 7 hari
  • Apabila diamati dengan teliti, maka ukuran kepalanya akan terlihat lebih ramping daripada si betina
  • Menginjak usia 2 sampai 3 minggu, pada umumnya anakan jantan akan lompat dengan jarak yang jauh dibanding dengan betina
  • Bodi tubuh relatif lebih panjang, besar dan tegas
  • Kaki berukuran lebih panjang dan jarinya lebih renggang
  • Pen/dubur terlihat menonjol kedepan
  • Tulang belakang berwarna lebih pekat.

Ciri Kenari Betina

  • Pen/dubur terlihat datar dibanding burung jantan
  • Tulang belakang terlihat terang atau mencolok
  • Kakinya berukuran lebih pendek dan jarak antara jari lebih rapat
  • Tubuhnya relatif lebih kecil dengan bentuk yang bulat
  • Kepalanya berbentuk bulat.
  • pada usia 3 hingga 4 hari, saluran pembulu vena pada anakan kenari betina biasanya belum bisa terlihat
  • Menginjak usia 7 hari ketika kenari sudah bisa buka mata, maka mata tersebut akan terlihat tepat di atas posisi paruh.

Selain membandingkan kelamin kenari berdasarkan ciri fisik, ada juga cara lain yang bisa kita jadikan patokan untuk membedakan jenis kelaminnya. Cara tersebut adalah dengan mengamati suara kicauan kenari sendiri. Pada umumnya burung yang mampu gacor dengan suara yang lebih variatif serta ngerol durasi panjang adalah ciri kenari jantan. Sedangkan si betina kebanyakan hanya mampu mengeluarkan ocehan dengan durasi pendek dan kadang hanya dengan suara panggilan yang berguna untuk memancing kicauan burung berkelamin jantan.

Source:

burung kenari, burung lovebird, burung k, burung kenariy, Ciri kenari jantan, ciri ciri kenari jantan, burubg kenari, kenari jantan dan betina, laki apa cewe burung kenari yg rajin berkicau, membedakan burung kenari jantan dan betina