Cara Memaster Pleci Bakalan Agar Cepat Gacor

Cara Memaster Pleci Semua penangkar pleci, khususnya pemilik burung yang masih bakalan, pasti menginginkan unggas peliharaannya mampu gacor dengan suara yang lantang dan bervariasi. Berbagai metode pun telah banyak dilakukan oleh pemelihara burung kacamata, yang bertujuan supaya suara khas ngalas maupun ngerol-nya bisa cepat keluar dari paruhnya. Salah satu metode yang kerap dilakukan dan di percaya bisa menunjang kualitas suara burung berbadan kecil ini adalah dengan memberikan pemasteran. Namun, sebelum proses memaster berlangsung, ada baiknya jika menerapkan pola perawatan harian yang baik dan benar terlebih dahulu.

Cara Memaster Pleci Bakalan Agar Cepat Gacor

Pleci Gacor (rumah7 – kaskus)

Perawatan pleci harian yang baik dan benar antara lain dengan memperhatikan pemberian pakan, proses pemandian, penjemuran dan sebagainya. Porsi pemberian pakan harus seimbang antara buah-buhan, voer, dan ekstra fooding. Sekedar saran, lebih tekankan pada pemberian buah dan voer, sebab ekstra fooding tidak terlalu bagus bagi burung bila diberikan dengan porsi yang tinggi. Untuk pemandian, bisa dilakukan pada pagi dan sore hari sebelum terik matahari terbenam. Seusai dimandikan, pleci bisa segera dijemur di bawah panasnya matahari. Jika metode tersebut telah diterapkan, maka pemasteran sudah bisa diberikan kepada burung bakalan.

Selain bisa dimaster dengan kicau burung sejenis, banyak yang mengatakan bahwa salah satu metode cara memaster pleci menggunakan suara unggas jenis lain misalkan suara kenari, ciblek, kolibri dan burung-burung lain yang mempunyai nada atau karakter suara sama dengannya. Kenyataan tersebut bisa terjadi karena burung ini memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi layaknya cendet, kutilang, trucukan dan lain-lain. Proses pemasteran pleci tidak bisa diberikan secara asal-asalan atau begitu saja. Ternyata, selain pleci selalu di koloni masih ada cara untuk memaster pleci bakalan agar cepat gacor. Berikut ulasan singkat yang point-point nya saya kutip dari pusburung.com.

Baca Juga  Daftar Harga Burung Pleci Lengkap Semua Jenis Terbaru 2017

Waktu yang Sesuai Untuk Memaster Pleci

Metode ini bisa dilakukan pada saat burung sedang dalam kondisi beristirahat. Semisal, siang hari setelah pemandian serta penjemuran, kemudian dimasukkan ke dalam rumah dan disambung dengan pemasteran. Jika siang tidak sempat, maka bisa di ganti pada malam hingga pagi hari, tepatnya antara jam 22.00 sampai pukul 06.00.

Usia yang Tepat Untuk Memaster

Di usia kurang dari satu bulan tepatnya 25 hari, memaster pleci lebih baik untuk diterapkan. Hal tersebut, diyakini bisa membuat pleci cepat gacor, sebab di usia itu Auditory Memory burung masih dalam keadaan kosong atau belum menyimpan suara-suara di sekitarnya. Berjalannya proses ini bisa terus diberikan dengan teratur hingga burung sudah berumur kurang lebih 8 hingga 9 bulan.

Lingkungan Kondusif

Ada baiknya jika proses ini dilakukan pada tempat yang tidak gaduh, misalnya kamar dapur dan tempat sepi lainnya. Apabila lingkungan sangat gaduh, maka suara masteran bisa terganggu atau terdengar tidak jelas oleh burung. Jika dibiarkan, maka hal tersebut bisa menghambat daya rekam suara dan dampaknya burung tidak mencerna kicau pemaster secara maksimal.

Kicau Master yang Sesuai

Untuk isian suara yang tepat diberikan pada pleci bakalan, bisa berupa kicauan dari burung yang memiliki nada atau karakter suara yang sama dengannya. Apabila karakter suara tak sebanding dengannya, maka burung kacamata akan mengalami kesulitan dalam menirukan gacoran tersebut. Banyak kicau mania yang mengisi nyanyian pleci dengan suara kenari, ciblek dan kolibri.

Baca Juga  Perawatan Burung Pleci Mabung Agar Cepat Selesai

Meningkatkan Kecerdasan Pleci

Dalam memaster pleci, burung diharuskan untuk memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi. Apabila pleci sudah mempunyai kecerdasan tinggi, maka ia akan mampu menyerap suara kicau pemaster dengan mudah dan optimal. Dengan begitu, pemilik burung dianjurkan untuk memberikan asupan nutrisi yang sesuai baginya supaya bisa menunjang perkembangan otak yang dipergunakan untuk merekam berbagai suara yang didengar olehnya.

Lamanya Proses Pemasteran

Jika pemasteran diberikan secara rutin, maka semakin besar pula kemungkinan burung untuk merekam dan kemudian menirukan suara tersebut. Kebanyakan kicau mania memberikan metode ini minim 4 jam sehari. Untuk waktu, pada umumnya malam hari di jam 22.00 hingga pagi pukul 06.00. Apabila lingkunagan sekitar memadai ataupun sesuai dengan karakter pleci, maka juga bisa dilakukan di sore hari.

Mengulang Suara Master Secara Rutin

Dengan memutar ulang kicau masteran yang pernah diberikan pada pleci secara rutin dan berkala, dipercaya bisa memperkuat daya rekam atau ingatan burung. Dengan begitu, ada baiknya jika unggas diberi isian yang konsisten tanpa sering menggantinya sebelum ia benar-benar mampu menirukan suara tersebut.

Terapi dengan Suara Air Mengalir

Di alam bebas, pleci sangat gemar berkelana di kawasan yang terdapat aliran air misalnya sungai. Dengan begitu, mendekatkan burung ini pada suara air yang mengalir mampu membuatnya merasa nyaman dan rileks, sehingga kemungkinannya ia bisa gacor ngalas atau pun ngerol dengan cepat. Penerapan ini juga bisa diberikan pada si kacamata yang sedang dalam keadaan stres, sebab ia akan merasa aman layaknya berada di alam bebas. Untuk penempatan bisa dengan meng-gantang burung pada tempat dekat aliran air misal kamar mandi, aquarium dsb.

Baca Juga  Cara Menjinakkan Pleci Bakalan yang Baru Beli / Tangkapan

Memancing Bunyi dengan Suara Pleci Betina – omkicau.com

Sangat wajar apabila burung yang masih bakalan enggan untuk berbunyi. Kenyataan tersebut terjadi karena unggas masih belia dan belum terbiasa untuk merekam dan menirukan suara di sekelilingnya. Meski begitu, masih ada cara agar pleci gacor dalam waktu yang cepat. Salah satunya adalah memancing kicaunya menggunakan suara pleci betina. Tujuannya supaya burung bakalan jantan bisa terangsang dan kemudian berusaha untuk menyahut suara tersebut.

Source:

Cara memaster pleci, cara pemasteran pleci, racikan pleci, pemasteran pleci, Cara memaster burung pleci, cara master pleci, situsburung com, memaster pleci, cara memasteri pleci, racikan makanan burung pleci