Cara Memaster Kenari Supaya Cepat Gacor Ngerol

Cara Memaster Kenari Agar Cepat Ngerol – Memaster merupakan salah satu kegiatan yang kerap dilakukan oleh penghobi unggas gacoran, khususnya untuk penangkar burung kenari. Tujuan utama dari penerapan metode ini adalah supaya burung lekas gacor, terlebihnya lagi agar bisa menirukan suara-suara yang seringkali diberikan dan didengar olehnya. Alasan kuat pemasteran banyak dilakukan oleh kicau mania, karena dipercaya mampu merangsang dan memperkuat kecerdasan otak burung, sehingga kemungkinan besar ia lebih mudah untuk merekam dan kemudian meniru suara yang memiliki tipe atau nada sama dengan karakter kicaunya.

Cara Memaster Kenari Ngerol

Burung Kenari (africanbirdclub.org)

Sebelum proses memaster kenari berlangsung, ada baiknya jika menerapkan rawatan harian yang baik dan benar terlebih dahulu. Adapun rawatan harian yang bagus bagi burung adalah dengan mengamati pola pemberian pakan, pemandian, penjemuran, menjaga kebersihan kandang dan sebagainya. Untuk pakan yang kerap diberikan biasanya berupa biji-bijian, buah-buahan, sayuran segar, telur puyuh dll. Apabila Anda memberikan telur, namun dalam waktu yang lama masih belum habis juga, segera keluarkan dari sangkar, sebab sangat dikhawatirkan bila telur membusuk dan kemudian tetap dimakan oleh burung yang nantinya bisa berdampak buruk bagi kesehatannya.

Asumsi sayuran, biji-bijian dan buah, bisa diberikan pada umumnya saja. Namun jika buah dan sayur sudah mengering, sebaiknya diganti dengan yang lebih segar, sebab kandungan vitamin yang ada di dalamnya bisa mengalami penurunan sehingga kebutuhan gizi kenari tidak terpenuhi secara optimal. Untuk pemandian yakni pagi dan sore hari sebelum terik matahari terbenam, bisa mulai dari jam 07.00 – 16.00. Seusai pemandian, burung bisa segera dijemur. Sehubungan dengan itu, dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan sangkar agar burung merasa nyaman dan tidak mudah stres. Setelah perawatan harian terlaksana dengan baik, cara memaster kenari agar cepat gacor ngerol sudah bisa diberikan. Apabila belum tahu bagaimana proses pemasterannya, ada baiknya jika Anda menyimak beberapa kutipan berikut.

Suara Isian Untuk Kenari

Isian yang dapat diberikan bisa berupa suara MP3 ataupun kicau burung asli. Untuk suara master yang baik bagi kenari antara lain suara ciblek, cililin, gelatik wingko, mozambik, (omkicau.com), siskin, blackthroat, sanger, dan blacksang (omkicau.com). Namun, jika ia masih sulit menirukan kicauan burung jenis lain, sebaiknya dimaster dengan burung sejenis saja.

Memaster Pagi dan Sore Hari

Banyak dari kicau mania yang beranggapan bahwa waktu efektif untuk memaster kenari adalah di pagi dan sore hari. Apabila pemasteran dilakukan di pagi hari, maka bisa diberikan seusai burung dimandikan dan dijemur. Sebelum suara master diberikan, pindahkan burung ke tempat yang teduh terlebih dahulu. Setelah diteduhkan beberapa menit, kemudian pemasteran sudah bisa diberikan. Jika sore hari, berikan saat burung beristirahat, lebih jelasnya ketika ia terlihat berdiam diri dan kemudian segera dimaster.

Lamanya Waktu Pemasteran

Ada baiknya jika pemasteran dilakukan selama kurang lebih 2 jam di pagi dan sore hari. Biasanya, kenari bisa meniru suara burung master paling lambat dalam waktu 3 bulan. Meskipun ia sudah bisa menirukan kicau pemaster, tetap lakukan metode ini secara rutin, sebab bila tidak maka ia bisa ngglender atau kembali berkicau dengan suara aslinya.

Kondisi yang Dapat Mempercepat Proses Pemasteran

Jika memaster menggunakan suara burung asli, maka bisa dilakukan dengan cara menggantang kenari dan unggas masteran dalam satu ruangan yang sama. Namun, usahakan jarak antara keduanya tidak terlalu dekat. Burung yang akan dimaster bisa di full kerodong terlebih dahulu. Disisi lain, apabila menggunakan suara MP3, maka bisa dilakukan dengan menggantung burung dalam ruangan yang hening dan kemudian memutarkan MP3 master tersebut. Ada baiknya jika volume audio Mp3 diatur tidak terlalu kencang, namun burung masih mampu medengarnya secara jelas (omkicau.com).

Ada baiknya jika memaster kenari dimulai ketika burung sudah bisa makan biji-bijian. Secara umum, burung ini mau mencerna biji-bijian sekitar usia 28 hingga 30 hari (Kian Sing @kenarimania.com). Namun, terkadang di usia tersebut burung masih belum lancar mengkonsumsi bijian kering, dengan begitu penangkar sangat dianjurkan untuk memberinya ekstra fooding (makanan tambahan) berupa telur puyuh yang sudah direbus.

Source:

cara memaster kenari, cara master kenari, cara pemasteran kenari, cara memasteri kenari, masteran yang cocok untuk kenari lokal, memaster kenari, kenari biar gacor dikasih apa, Cara meMaster Burung Kenari, cara memasterkan kenari, pemasteran kenari